Ini Dia Jenis Label yang Sering Kita Jumpai di Kemasan

label kemasan

Kehadiran label kemasan sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas. Namun, tahukah Anda jika label terdiri dari beberapa jenis? Label-label tersebut memiliki fungsi yang berbeda sekaligus mencantumkan informasi yang berbeda pula.

Mengenali berbagai jenis label sangat penting, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mengedarkan produk di pasaran. Tujuannya adalah agar Anda tidak salah dalam mencantumkan label pada kemasan produk.

Jenis-Jenis Label Kemasan Di Sekitar Kita

Label setidaknya terbagi menjadi empat jenis, yaitu label produk, label merek, label deskriptif, dan label tingkat. Simak penjelasan singkat masing-masing jenis label berikut.

1. Label Produk

Jenis label yang satu ini umumnya berisi informasi lengkap mengenai produk seperti komposisi, informasi nilai gizi, tanggal produksi, dan lain sebagainya. Label ini paling sering dijumpai pada berbagai produk mulai dari makanan hingga peralatan elektronik.

2. Label Merek

Sesuai dengan namanya, label merek adalah jenis label kemasan yang mencantumkan merek atau logo produk tersebut. Label ini bertujuan untuk memperkenalkan identitas kepada konsumen serta membuat perbedaan dengan produk lain.

Label merek biasanya dibuat semenarik mungkin dengan ciri khas tertentu demi menimbulkan brand awareness dari pada konsumen. Semakin unik label tersebut, maka semakin mudah bagi konsumen untuk mengingatnya.

3. Label Deskriptif

Label deskriptif bisa Anda jumpai dengan mudah di pasaran. Pada label ini berisi informasi dan penjelasan tentang produk, seperti cara penggunaan, cara penyimpanan, hingga deskripsi lain yang memudahkan konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Misalnya pada kemasan produk mie instan, Anda akan menemukan deskripsi cara pembuatan. Inilah yang disebut sebagai label deskriptif yang berfungsi menjelaskan suatu produk.

4. Label Tingkat

Label tingkat atau grade label biasa digunakan untuk memberikan informasi mengenai mutu produk. Jenis label ini sangat penting untuk dicantumkan guna memudahkan konsumen dalam memilih barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Ada berbagai jenis label kemasan di pasaran yang mempunyai fungsi berbeda. Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan desain label untuk produk Anda, tidak ada salahnya untuk mengunjungi https://magentaindopack.com/ di mana Anda bisa berkonsultasi dan memesan label.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *